Rabu, 19 Desember 2012

Architecture 101 (2012)



118 min  -  Romance  -   22 March 2012 (South Korea)




Director: 

 Yong-Joo Lee

Writer: 

 Yong-Joo Lee

Stars:

  Tae-woong EomGa-in Han and Je-hoon Lee |

Quality: DvDrip

Review:

Kalau saja ia tidak meledak di Korea sana, menghasilkan angka-angka fantastis dengan berhasil menduduki puncak box-office selama 3 minggu berturut-turut,  menyeret satu juta penonton dalam 8 hari, 2 juta dalam dua minggu dan 3 juta kurang dalam satu bulan, menjadikannya salah satu film yang paling sering ditonton di kuartal pertama tahun ini di Korea mungkin saya tidak terlalu peduli dengan melodrama romantis milik Lee Yong-ju. Menariknya, hampir sebagian besar penonton Architecture 101 didominasi oleh audiens laki-laki, kasus yang biasanya jarang terjadi untuk genre seperti ini. Jadi pastinya ada sesuatu yang spesial di sini sampai-sampai membuat Architecture 101 begitu disukai di sana.

Architecture 101 sendiri sesungguhnya tidak menawarkan kisah baru, klise malah, tetapi siapa sih yang tidak suka melodrama klise selama digarap dengan bagus? Ya, ini adalah kisah tentang boy met girls dan 17 tahun kemudian man meets woman, jadi ada dua kisah cinta dengan setting waktu berbeda, pelaku yang sama. Semua bermula ketika seorang arsitek, Lee Seung-min (Uhm Tae-woong) dikejutkan dengan kedatangan Yang
Seo-yeon (Han Ga-in), temannya di bangku kuliah dulu. Soe-yeon meminta jasa Seung-min untuk membuatkannya rumah baru dari bekas rumah keluarganya yang terletak di pulau Jeju. Lalu untuk dapat memahami desain rumah idaman yang diinginkan Soe-yeon, Seung-min menghabiskan banyak waktu bersama gadis pujaan dan juga cinta pertamanya itu, bisa ditebak, cinta lama bersemi kembali pun menghiasi pertemuan mereka.
Semuanya yang dibutuhkan untuk sebuah romansa modern ada di sini, cinta pertama, CLBK, teman tapi mesra, putus cinta, ciuman pertama dan segala kegalauan atas nama cinta plus sebuah desain rumah yang apik untuk menguatkan judulnya. Jelas tidak menawarkan hal-hal baru tetapi bagaimana Lee Yong-ju, sutradara yang juga lulusan arsitek yang juga ikut mendesain rumah pinggir laut milik karakter Soe-Yoen mempresentasikan segala setiap elemen romansa di atas dengan sentuhan lembut, manis dan membumi tanpa menjadi terlalu terburu-burur dan kebablasan memainkan emosi penontonnya.

Yong-ju membagi plotnya menjadi dua bagian besar dalam dua atmosfer cinta berbeda yang sama manis dan pahitnya. Kedua plot itu kemudian berjalan bergantian bersama alur maju-mundurnya dengan dukungan cast-nya yang bermain apik. Jika pada masa lalu karakter Seung-Min lugu yang dimainkan Lee Je-hoon lebih mendominasi dalam usahanya merebut hati Soe-yeon  dengan segala cara termasuk membuatkannya model rumah idaman Soe-yoen, sebaliknya di masa sekarang ada bintang serial televisi Han Ga-in sebagai Soe-yeon dewasa yang berusaha untuk memperbaiki hubungannya dengan Seung-min dewasa (Uhm Tae-woong). Baik di masa lalu maupun sekarang setiap karakternya sukses menghadirkan chemistry kuat.
Dan mungkin adalah setting Seoul era 90′an dengan segala cd portable, pager, pentium pertama, rambut bergaya moouse termasuk t-shirt GEUSS (plesetan dari GUESS) yang sempat populer serta tembang-tembang lawas dari duo Exhibition termasuk yang menjadi soundtrack-nya, “Etude of Memory” tampaknya menjadi bagian penting yang sukses mempesona penontonnya, membawa mereka mengingat kembali kenangan masa lalu, menyentuh sisi-sisi personal mereka, kamu bisa menyebut sisi nostalgia Architecure 101 ini sedikit mirip dengan apa yang pernah di buat Sunny tahun lalu, hanya saja ini seperti versi laki-lakinya dengan lebih banyak romansa dan sedikit persahabatan dan karakter.
Kombinasi sebuah kisah pahit-manis tentang cinta pertama yang canggung berpadu sempurna dengan cerita pertemuan kembali cinta lama yang dewasa tanpa menjadi terlalu sentimentil hingga kemudian diakhiri oleh sebuah ending bagus dan menyentuh plus dukungan aroma nostalgia kental itulah yang sepertinya membuat Architecture 101 menjadi spesial. Mungkin efeknya akan lebih besar dan personal buat para  penonton Korea sana, tetapi bukan berarti kita tidak dapat menikmatinya, karena tema cinta, apapun era-nya, apapun negaranya selama digarap dengan baik ia akan selalu menjadi sebuah tontonan  yang berkesan.



Download:
Architecture 101 2012 DVDRip dvix | Direct | Subtitle Indonesia |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar